Ditengah Pandemi Covid-19, Ikan Cupang Makin Marak Digemari


Koran Warkop ~ Hobi ikan hias jenis Cupang kini makin digemari masyarakat di masa pandemi covid-19 ini. Ragam jenis cupang makin banyak dibudidaya di tanah air, jenis Koi salahsatunya yang kini digemari dari masyarakat awam hingga selebritis karena memiliki ragam jenis warna.

VIRAL! 6+ Jenis Ikan Cupang Hias Termahal | PAKAN & HARGA

Hal ini diperkirakan terjadi karena masyarakat yang lebih banyak diam di rumah saat masa Pandemi Covid-19. Ketika berada di dalam rumah, orang-orang akan mencari kesibukan dengan kegiatan-kegiatan kecil. Dan bagi penghobi ikan cupang sudah pasti, selama berada di rumah diisi dengan kegiatan memelihara cupang.

Berawal dari hobi, ternyata mampu menghasilkan nilai rupiah yang tinggi. Bahkan di beberapa wilayah di tanah air pembudidaya ikan cupang mampu menembus pasar mancanegara.

Hikmat salahsatunya, seorang pembudidaya ikan Cupang asal Kota Tangerang mengatakan pernah menjual 1 ekor dengan harga jutaan rupiah.

Blue rim ori Thailand 🇨🇷 | Shopee Indonesia

“Saya pernah menjual di pasar lokal ikan cupang jenis Gordon seharga 1,3 juta rupiah,” katanya.

Hikmat pun menambahkan di beberapa daerah di luar kota Tangerang sudah berhasil mengekspor ikan hasil budidaya ikan cupang di beberapa negara di Asia. Namun untuk di kota Tangerang masih belum ada dukungan pemerintah daerah setempat, untuk memudahkan kami mengurus perijinan dokumen ekspornya.

“Kita (komunitas budidaya ikan Cupang Kota Tangerang,-red) sudah sering dapat permintaan dari luar negeri, namun untuk pengirimannya pihak jasa pengiriman meminta dilengkapi dokumen-dokumen dari pemerintah, dan untuk mengurus ijinnya kami agak kesulitan,” ungkap Hikmat (35) pembudidaya asal Kampung Buaran Kota Tangerang.

Jenis-Ikan-Cupang-Hias-dan-Aduan2 - Portal Industri & Investasi Kemaritiman


Hikmat pun mengungkapkan dengan harga jual 500 ribu – 2 juta rupiah di pasar mancanegara, kwalitas ikan Cupang hasil budidaya peternak ikan di kota Tangerang masih diakui keunggulannya dan bersaing di pasar global.

“Kita sering jualan di instagram menampilkan live, pernah pas lelang ada yang berani borong minta dikirim ke Malaysia, juga pernah ada yang berani 1 pasang minta dikirim ke Thailand, karena ngurus dokumennya ribet kita cancel aja,” ungkapnya.

Dari 1 pasang ikan cupang, mampu berkembang biak hingga 500 ekor anak. Dan umumnya bila dijual di pasar lokal berkisar 25 ribu hingga 500 ribu rupiah per ekor, tergantung motif corak warna dan jenisnya.

Dengan adanya peluang seperti ini, Hikmat bersama Komunitas Budidaya ikan Cupang Tangerang berharap adanya perhatian khusus dari pemerintah kota Tangerang untuk memberikan kemudahan dalam pengurusan Dokumen ijin ekspor ikan Cupang hasil budidaya peternak Kota Tangerang.

“Mudah-mudahan dinas terkait bisa membantu kami dalam proses ekspor ikan ke luar negeri.” harap Hikmat.

Nah bagi semua sahabat KoranWarkop bisa kita contoh ide untuk mengembang biakkan ikan cupang yang bisa membantu ekonomi dikala Covid-19 seperti ini.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ditengah Pandemi Covid-19, Ikan Cupang Makin Marak Digemari"

  1. SITUS GAME ONLINE TERBAIK & TERBESAR DI ASIA KHUSUSNYA DI INDONESIA
    MENYEDIAKAN 9 GAMES CUKUP DENGAN 1 USER ID :

    *POKER
    *CEME
    *CEME KELILING
    *DOMINO
    *CAPSA
    *SUPER10
    *OMAHA
    *BLACKJACK
    *SUPERBULL

    -MENERIMA DEPOSIT DARI PULSA-OVO-DANA-GOPAY
    -SUPPORT 7 BANK TERNAMA INDONESIA

    DAPATKAN SELURUH KEUNTUNGAN DI MASTERPOKER99 DENGAN BERBAGAI BONUS SPECIAL :

    -BONUS CASHBACK 0,3% ( Setiap Hari kamis )
    -BONUS REFERAL 20% ( Setiap Hari jumat )
    -BONUS NEW MEMBER
    -BONUS GEBYAR BULANAN

    Contact us:
    WA : +855 8170 7281
    Line : Masterpoker99

    www.mantul999.com
    www.koinmaster99.com
    www.santuyoke.com
    www.kopisusu2.com

    BalasHapus