Candi Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk Gak Ya?


Koran Warkop ~ Di dunia ini tersebar banyak candi yang menyimpan berjuta-juta cerita sejarah. Namun, dari sekian candi itu, ada yang kesohor lantaran bentuknya yang digadang-gadang memiliki ukuran paling besar. Termasuk di antaranya candi milik Indonesia.

Candi terbesar di dunia tersebar di seluruh dunia khususnya di Asia. Candi merupakan kuil suci bagi agama Budha dan Hindu. Kuil ini telah dibangun sejak lama atau disebut sebagai situs kuno dan kini menjadi destinasi wisata.

1. Angkor Wat

Visiting Angkor Wat - The Ultimate Guide (with a map)

Angkor Wat berasal dari Bahasa Khmer yang berarti “candi kota”. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Suryawarman II pada abad ke-12. Angkor Wat menjadi lambang negara Kamboja dan gambarnya ditampilkan pada bendera negara. Raja Suryawarman II mempersembahkan candi ini untuk Dewa Wisnu. Sekarang Angkor Wat menjadi tempat pusat keagamaan terpenting dan sangat terawat di wilayah percandian Angkor.

Menurut sumber terpercaya, nama asli candi ini kemungkinan besar adalah “Preah Pisnu-lok”, yang merupakan serapan dari bahasa Sansekerta “Wara Wisnuloka”. Wara wisnuloka secara harfiah berarti Tempat Suci Wisnu. Oleh karena itu, objek wisata satu ini juga disebut sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur Magelang - Badan Otorita Borobudur

Siapa sih yang tidak tahu Candi Borobudur? Candi yang terletak di Magelang Jawa Tengah ini adalah salah satu lokasi wisata populer di Indonesia. Kepopulerannya bukan hanya di tingkat nasional tapi juga internasional. Candi Borobudur masuk sebagai World Heritage Site atau situs yang dilindungi dunia oleh UNESCO. Candi terbesar di dunia ini juga merupakan kawasan candi terbesar di Asia Tenggara. Situs agama Budha ini mempunyai 504 stupa dan 2.672 panel relief.

3. The Temple of Heaven

Temple of Heaven, Beijing Tiantan Park - History, Attractions...

Ada lagi candi yang masuk dalam World Heritage Site UNESCO yaitu The Temple of Heaven di Tiongkok Cina. ‘Candi surga’ ini tepatnya terletak di tenggara Beijing dan menjadi lokasi tur wisata. Kuil surga ini didirikan Kaisar Yongle pada masa pemerintahan Dinasti Ming. Selain itu, ada juga yang disebut Forbidden City (Kota Terlarang) di daerah Beijing. Keduanya dibangun pada pemerintahan yang sama.

Salah satu candi terbesar di dunia ini mulai dibangun tahun 1406 dan selesai tahun 1420. Butuh sekitar 14 tahun untuk menyelesaikan kuil. Kompleks diperluas dan diberi nama Temple of Heaven selama pemerintahan Kekaisaran Jiajing pada abad ke 16. Jiajing juga membangun tiga candi lain di Beijing, yaitu Temple of the Sun (di timur), Temple of Earth (di utara), dan Temple of Moon (di barat).

4. Candi Prambanan

7 Fakta Menarik Dari Candi Prambanan yang Anda Harus Tahu |  kabarpriangan.com

Candi Prambanan berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di perbatasan Klaten-Jogja. Candi satu ini juga tak kalah terkenal dengan Candi Borobudur. Bahkan sudah ada beberapa event yang diselenggarakan di sini, seperti Prambanan Jazz, Opera van Java, Festival Yoga International, “25th Anniversary” Yanni Orchestra, Sendratari Ramayana, dan lain sebagainya.

Candi Prambanan merupakan candi agama Hindu yang didirikan pada abad ke 9. Ada tiga dewa utama yang melambangkan candi ini, yaitu Wisnu, Siwa, dan Brahma. Ketiganya disebut Trimurti. Karena keunikan dan latar belakangnya, Candi Prambanan masuk dalam World Heritage Site UNESCO.

5. Candi Ranganathaswamy

Best Temples in Asia - Tripelle

Candi yang memiliki desain arsitektur unik ini ialah candi Hindu paling besar di India. Candi Ranganathaswamy dapat dibilang unik dari warnanya yang beragam. Jadi jika dipandang sekilas dari jauh akan terlihat bangunan-bangunan berwarna warni dan sangat mencolok. Candi yang dipersembahkan untuk Dewa Ranganatha ini mulai dibuat pada abad ke-17 Masehi. Kalian yang berkunjung ke India, silakan menyempatkan diri untuk plesir ke sini, karena candi Hindu ini berbeda dari yang lain dan tidak seperti candi yang pernah kalian kunjungi.

6. Tiger's Nest Monastery

Himalayas Tours & Travel | Peregrine Adventures US

Siapa yang suka hiking? Kali ini kita akan berkunjung ke salah satu spot terbaik di Bhutan, yaitu Paro Taktsang atau biasa disebut Tiger’s Nest Monastery. Untuk mendarat di sini kalian harus rela berjalan ke atas tebing. Hanya orang-orang berniatlah yang mampu melewati bukit. Perlu berhati-hati karena letak kuil berada di sisi tebing. Jadi kalian tidak boleh bermain-main di sini. Namun kalau sudah sampai di atas, lelah maupun usaha kalian terobati dengan pemandangan alamnya yang indah.

Situs Budha Himalaya ini merupakan situs suci terkenal dan dibangun untuk umat Budha yang ingin berdoa dan ingin mencapai sebuah ketenangan dalam hidup. Cocok untuk orang yang ingin jauh dari keramaian dan bersahabat dengan alam. Kalian yang selama ini hidup dalam kepenatan, silahkan mencari udara segar ke Paro Taktsang.

Nah inilah beberapa Candi terbesar di dunia, dan masih banyak candi lainnya yang belum disebutkan namanya. Untuk mengetahui berita-berita selanjutnya jangan lupa selalu ikutin Koran Warkop ya guys.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Candi Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk Gak Ya?"

  1. SITUS GAME ONLINE TERBAIK & TERBESAR DI ASIA KHUSUSNYA DI INDONESIA
    MENYEDIAKAN 9 GAMES CUKUP DENGAN 1 USER ID :

    *POKER
    *CEME
    *CEME KELILING
    *DOMINO
    *CAPSA
    *SUPER10
    *OMAHA
    *BLACKJACK
    *SUPERBULL

    -MENERIMA DEPOSIT DARI PULSA-OVO-DANA-GOPAY
    -SUPPORT 7 BANK TERNAMA INDONESIA

    DAPATKAN SELURUH KEUNTUNGAN DI MASTERPOKER99 DENGAN BERBAGAI BONUS SPECIAL :

    -BONUS CASHBACK 0,3% ( Setiap Hari kamis )
    -BONUS REFERAL 20% ( Setiap Hari jumat )
    -BONUS NEW MEMBER
    -BONUS GEBYAR BULANAN

    Contact us:
    WA : +855 8170 7281
    Line : Masterpoker99

    www.mantul999.com
    www.koinmaster99.com
    www.santuyoke.com
    www.kopisusu2.com

    BalasHapus