Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh, Olahraga Manakah Yang Anda Minati


Olahraga adalah gerakan oleh tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Manfaat olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya. Tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar Yuk, ketahui lebih banyak khasiat olahraga.

Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Bahkan dapat membantu Anda hidup lebih lama. Berikut adalah manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh dan otak Anda:

1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Beberapa Olahraga Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh | Sparksmpls.com

Berhentilah dari ketergantungan obat dan kurangi risiko penyakit jantung dengan cara alami. Sebuah ulasan dari berbagai penelitian dan uji coba yang dilakukan oleh para peneliti pada tahun 2013 – mencakup 305 uji coba lebih dari 339.000 peserta – menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang terdeteksi secara statistik antara mereka yang berolahraga dan mereka yang menggunakan obat dalam mencegah penyakit jantung koroner dan pradiabetes.

Bahkan, pada pasien yang sudah menderita stroke, rutin dengan aktivitas fisik lebih efektif daripada terapi dengan obat. Namun konsultasikanlah dengan dokter untuk membuat rencana latihan yang tepat untuk Anda.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

6 Olahraga yang Bikin Tubuh dan Gaya Hidupmu Sehat, Tapi Nggak ...

Manfaat olahraga secara teratur dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan. Dengan berolahraga, jumlah oksigen di dalam darah akan meningkat sehingga memperlancar aliran darah menuju otak.

3. Mengurangi Stres

4 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Rutin Berolahraga • Hello Sehat

Manfaat olahraga dapat membantu mengatasi emosi dan mengurangi kegelisahan sehingga mengurangi stres. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Anxiety, Stress and Coping: An International Journal tahun 2008 mencatat bahwa olahraga bisa menjadi alat yang potensial untuk mengatasi gejala-gejala kecemasan.

Dalam penelitian tersebut partisipan yang rutin berolahraga memiliki indeks kecemasan yang lebih rendah dibanding orang yang tidak pernah olahraga. Nah, ini menunjukkan bahwa olahraga mungkin bisa mengatasi kecemasan dan stres secara efektif.

Secara teori, olahraga menyebabkan tubuh bereaksi termasuk otak. Sebagai responsnya maka otak akan melepaskan banyak hormon termasuk endorphin dan neurotransmitter yang bisa memengaruhi suasana hati.

4. Tidur Lebih Baik

Jika Anda tidak bisa tidur, berolahraga dapat membantu Anda tidur lebih baik, lho. Dengan memperkuat ritme sirkadian, manfaat olahraga membantu membuat Anda lebih segar di siang hari dan tidur nyenyak pada malam hari. Olahraga juga memperbaiki kualitas tidur.

Sementara efeknya mungkin tidak secara langsung – sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa olahraga bisa memakan waktu hingga empat bulan bagi mereka yang memulai latihan rutin untuk memiliki efek positif pada tidur – memulai rencana latihan adalah satu-satunya cara untuk memastikan Anda akan tidur nyenyak setiap malam.

5. Meningkatkan Energi

Ketika merasa lelah, hal terakhir yang mungkin ingin Anda lakukan adalah melakukan latihan. Tetapi, menurut para ahli, itulah yang harus Anda lakukan. Mereka menemukan bahwa latihan dengan intensitas rendah, setara dengan jalan santai, dapat mengalami penurunan tingkat kelelahan dan peningkatan energi 20 persen.

Yang lebih menarik adalah bahwa tingkat kelelahan pada kelompok latihan intensitas rendah turun lebih banyak daripada kelompok intensitas yang lebih tinggi, kabar bagus bagi mereka yang mungkin melewatkan latihan karena mereka tidak punya waktu atau energi untuk sesi yang lebih intens.

Kedua kelompok tersebut melaporkan telah menglami peningkatan energi secara stabil selama rentang waktu enam minggu percobaan. Jadi, manfaat olahraga bagi tubuh cukup efektif untuk meningkatkan energi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Posting Komentar